Weekend Workers - Mau Tahu Caranya Nyari Dana Buat Event? Simak Dulu Artikel Ini
Ketika kamu dan temen - temen kamu mau membuat sebuah acara atau event pasti hal pertama yang kamu lakuin adalah membuat Proposal.
Proposal adalah modal utama kamu untuk membuat sebuah event, tanpa proposal kamu ga akan bisa membuat sebuah event, karena semua kegiatan event akan berdasar proposal yang kamu dan temen - temen buat.
Konsep kegiatan dan konten event akan tertuang menjadi satu dalam sebuah Proposal, begitupun uraian dan penjelasan seluruh konten event ada dalam Proposal. 
Proposal jugalah yang akan menjadi senjata kamu untuk mencari dana ke para calon sponsor yang akan mensuport eventmu, maka dari itu, kuatkan konsepmu dan tuangkan dalam sebuah Proposal yang menarik dan meyakinkan.
Bukan hanya untuk mencari dana dari sponsor, Proposal juga diperlukan ketika kamu mengurus segala perijinan yang berhubungan dengan eventmu, seperti izin peminjaman tempat atau venue, izin keramaian dari Kepolisian, dan izin - izin lain yang dibutuhkan untuk mensuport terselenggaranya eventmu.
Event - event besar yang pernah kamu datangi, semua itu berawal dari sebuah Proposal yang dibuat dengan ide yang ga biasa, kreatif, dan kerja keras dari semua yang terlibat.
Mungkin selama ini kamu sudah membuat proposal untuk eventmu dan temen - temen, tetapi belum bisa terselenggara karena kesulitan untuk mendapat sponsor, nah mungkin Proposalmu dianggap belum sempurna dan masih banyak kekurangan oleh calon sponsor.
Brand ga akan mau ambil resiko mengeluarkan dana yang lumayan besar untuk membuat mendanai event yang Proposalpun ala kadarnya, jangankan keluar dana besar, cuma untuk mendanai dengan berupa produkpun Brand juga akan pikir - pikir.
Maka itu, buatlah Proposalmu semeyakinkan mungkin sehingga Sponsor percaya dan mau mensuport eventmu dengan Fresh Money.
Tips Membuat Proposal Yang Menarik dan Meyakinkan Sponsor
Proposal ga bisa dibikin sembarang ya, karena itulah awal nasib eventmu akan terselenggara atau tidaknya.
Seperti yang sudah dijelaskan dibagian awal artikel ini, Proposal event harus yang meyakinkan calon Sponsor, dan ingat ya, jangan berani - berani membuat event tanpa Sponsor, ingat yaaa.
1. Cover Yang Menarik Perhatian
Cover Proposal itu kaya ungkapan love at the first sight, ya kamu harus membuat para calon Sponsor    jatuh cinta dan terpikat sama Proposalmu pada pandangan pertama. Caranya adalah dengan design yang ga biasa dan benar - benar dapat menarik perhatian, atau bisa juga dengan cara kreatif lain, kembangkan ide kreatif kamu dan temen - temen ya. Jangan sampai desain cover Proposalmu kaya Proposal permintaan dana ke warga RT/RW.
2. Design Proposal Yang Kreatif
Design Proposalmu mulai dari cover sampai halaman paling terakhir sekreatif mungkin dan related antar halaman, tapi jangan lebay ya. Gunain warna - warna yang menarik perhatian, perhatikan perpaduan warnanya. Contoh, pada bagian cover design yang kamu pakai bertema grafis, tapi di halaman kedua kamu memakai design abstrak, lalu di halaman berikutnya memakai tema tribal, Jaka Sembung bawa permen, ga nyambung mamen.
3. Subheading Dan Penjeleasan Yang Lengkap
Seperti membuat sebuah thesis atau makalah, setiap pembahasan selalu ada Subheading yang akan dibahas. Jangan sampai ada Subheading yang ga tercantum ya, usahakan semua tertuang dalam Proposal. Subheading yang dimaksud yaitu latar belakang, tujuan, rumusan masalah, dan lainnya.
4. Gambar Yang Related
Gunain gambar untuk mendukung penjelasan dari masing - masing Subheading supaya para calon Sponsor dapat memvisualisasikan dalam pikirannya, sehingga pesan yang mau kamu sampaikan akan diterima dengan mudah. Jangan sampai dalam penjelasan tujuan event yang membicarakan tentang Green Campaign tapi visualisasi gambarnya pakai gambar kuliner, langsung sobek - sobek aja proposalnya.
5. Data Penunjang
Dipenjelasan awal Proposalmu usahakan gunakan data real untuk menunjang penjelasanmu mengapa event ini perlu diadakan, bagaimana event ini akan berlangsung, dan lain sebagainya. Seperti misal, tujuan event ini adalah memberikan wadah bagi pelajar di lingkungan kota X untuk menyalurkan hobi skater, karena menurut data di Dinas X pelajar di kota X ini sebenarnya banyak yang berbakat tetapi kekurangan wadah untuk menyalurkan,, dan lain - lain.
6. Pilihan Kata Yang Sesuai
Untuk memberikan penjelasan yang mudah dipahami dan mengerti, kamu harus tau karakter target calon Sponsormu seperti apa. Apakah Brand itu melekat dengan remaja, orang dewasa, atau orang tua?. Usahakan pakai pemilihan kata yang sesuai dengan karakter dari Brand itu.Contoh, kamu mau menawarkan Proposalmu ke Brand minuman bersoda, sudah jelas minuman bersoda adalah minuman untuk level usia remaja sampai dewasa tapi kamu pakai bahasa yang super formal dan sangat orang tua, pihak Brand bakal berfikir Proposal yang kamu buat ga sesuai untuk Brand mereka.
7. Konsep Yang Unik Dan Berbeda
Buatlah konsep event yang unik dan berbeda, kalau bisa konsep event yang belum pernah ada. Keluarkan semua ide kreatif kamu dan temen - temen untuk membuat konsep event yang lain daripada yang lain. 
8. Target KPI
KPI adalah Key Performance Indocator, atau biar gampang dipahami KPI artinya adalah perhitungan target pengunjung yang akan datang. Tentukan target KPImu dalam Proposal, ini lah fator paling mempengaruhi Brand untuk mengambil keputusan untuk menyetujui Proposalmu. Hati - hati dalam menentukan target KPI ini, jangan hanya karena supaya dapat Sponsor lalu kamu menjanjikan KPI yang muluk-muluk.
9. Visi dan Misi
Visi dan Misi sebuah event juga sangat diperlukan supaya event itu tepat sasaran dan tidak mengesankan kalau Proposal eventmu ga asal-asalan. Usahakan gunakan isu yang sedang hangat dan menjadi permasalahan Brand. Misal, ketika banyak video yang menayangkan tumpukan sampah dari sisa produk sebuah Brand, maka ketika kamu menawarkan Proposal ke Brand tersebut gunakan isu daur ulang sampah plastik, ini akan lebih mengena ke Brand tersebut, dan kalau konsepmu dirasa bagus, kemungkinan besar Brand tersebut akan mau mensponsori eventmu.
10. Waktu Event
Carilah waktu event yang bertepatan dengan hari besar atau hari spesial. Sesuaikan konsep dan tema dengan perayaan hari besar tersebut. Kita ambil contoh Valentine Day, buatlah konsep dan tema event unik yang berhubungan dengan valentine day, tawarkan pada Brand makanan coklat, maka kemungkinan Proposalmu disetujui bisa mencapai 80 - 90%.
SELAMAT MENCOBA



 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar